Rabu, 12 Maret 2014

Tentang text


Multimedia



Teks
Pengertian : Teks merupakan salah satu bentuk representasi visual dari bahasa
Teks adalah data/informasi dalam bentuk susunan karakter
Dalam suatu bahasa, karakter disebut juga alfabet
Tipografi = Ilmu tentang tampilan teks, seperti bentuk, spasi, tata letak, paragraf, dan sebagainya


Fungsi : Teks merupakan elemen dasar dan sangat penting dalam presentasi multimedia
Membaca dan menulis teks merupakan keahlian yang diharapkan dan diperlukan dalam kehidupan modern
Kemampuan (serta kemauan) membaca teks merupakan pintu masuk mendapatkan pengetahuan dan kekuasaan
Dengan adanya World Wide Web, peran teks sudah menjadi sangat penting dibanding sebelumnya
Pemilihan kata-kata yang tepat dalam suatu teks sangat penting dalam suatu presentasi multimedia
Di halaman Web, teks bisa digunakan pada : Titles, Menus, Navigation aids, atau Narrative (content)


Jenis ada 3 :


1. Plain text
Pengertian : Teks yang paling sederhana, belum ditambahi format apapun
Penggunaan : Source code, configuration file
Teks editor : Program/ aplikasi untuk membuka, membaca dan mengedit plain text
Contoh : Notepad (Windows), edit (DOS), ed, emacs, vi, vim, Gedit atau nano (Unix, GNU/Linux), SimpleText (Mac OS), atau TextEdit (Mac OS X)


2. Formatted text
Pengertian : Teks yang sudah diberi sejumlah kode kontrol sehingga tampilan teks lebih kaya , seperti adanya bold, italic, underline, colour, ....
Penggunaan : Biasa digunakan pada dokumen
Word processor
Program/aplikasi untuk membuat atau mengedit formatted text
Contoh : Ms Wordpad, Ms Word, Open Office Writer, ...
Rich Text Format (RTF) merupakan format file dokumen (Microsoft) untuk pertukaran dokumen yang cross-platform


3. Hypertext
Teks yang memiliki link ke teks yang lain
By now the word "hypertext" has become generally accepted for branching and responding text, but the corresponding word "hypermedia", meaning complexes of branching and responding graphics, movies and sound – as well as text – is much less used. Instead they use the strange term "interactive multimedia": this is four syllables longer, and does not express the idea of extending hypertext. — Nelson, Literary Machines, 1992
Hypertext merupakan konsep utama yang mendasari World Wide Web, merupakan format yang gampang digunakan dan fleksibel dalam berbagi informasi melalui Internet


Pengkodean
- Mapping
Digunakan untuk memetakan/mewakili/merepresentasikan/mengkodekan suatu karakter dengan suatu kode biner
+ Bagian
Character repertoire
- Karakter yang diwakili
Code value (code point)
- Kode biner yang mewakili
Standar
1. ASCII (ISO 646)
American Standard Code for Information Interchange
Panjang kode 7 bit,
Mewakili 2^7 = 128 karakter
+ Control
- Char : NULL s.d. US dan DEL
- Kode : 00h s.d. 1Fh dan 7Fh
+ Printable
1. Angka
- Char : 0 s.d. 9
- Kode : 30h s.d. 39h
2. Huruf
+ Huruf kecil (lower case)
- Char : 'a' s.d. 'z'
- Kode : 61h s.d. 7Ah
+ Huruf besar (upper case)
- Char : 'A' s.d. 'Z'
- Kode : 41h s.d. 5Ah
3. Tanda baca dan simbol
Selain dari Control, Angka, dan Huruf
~ USASCII chart


2. ISO 8859
Panjang kode 8 bit
Mewakili 2^8 = 256 karakter
128 kode yang pertama = kode ASCII
~ ISO 8859-1 s.d. 8859-16


3. EBCDIC
Extended Binary Coded Decimal Interchange Code
Panjang kode 8 bit
Digunakan pada OS komputer mainframe IBM


4. ISO/IEC 10646-1:1993 Universal Multi-Octet Coded Character Set
Panjang kode 32 bit (4 byte)
Mewakili 2^32 karakter
~ Hirarki : g (group), p (plane), r (row), c (column)


5. Unicode
Unicode 1.0 (1991) s.d. Unicode 6.0 (rencana rilis 2010)
Metode mapping ada 2 :
- UCS (Universal Character Set)
UCS-2, UCS-4
Byte/karakter


- UTF (Unicode Transformation Format)
UTF-1, UTF-7, UTF-8, UTF-EBCIDIC, UTF-16, UTF-32
Bit/karakter
UTF-8 : encoding 8-bit variabel yang kompatibel dengan ASCII




Atribut
+ Typeface
Typeface = himpunan/keluarga/famili karakter grafis dengan rancangan yang koheren dan biasanya meliputi banyak ukuran (size) dan gaya (style)
Contoh : Times New Roman, Arial, Verdana, ...


+ Klasifikasi
- Serif
Serif = bendera atau dekorasi kecil di ujung karakter
Serif biasanya digunakan untuk isi teks (body text) karena bisa memandu mata pembaca agar tetap pada baris teks
- Sans-Serif
Sans-Serif = tanpa bendera atau dekorasi kecil di ujung karakter (sans = "tanpa" (bhs. Perancis))
Sans Serif biasanya digunakan untuk headline


Font
Font = himpunan karakter grafis dengan rancangan khusus dalam ukuran dan gaya yang tertentu
Contoh : Times New Roman Regular 16 point


+ Spesifikasi
1. Family
Font dalam famili yang sama mempunyai desain yang koheren dan tampilan yang mirip
2. Shape
Bentuk tampilan yang berbeda dalam satu famili
3. Weight
Ukuran ketebalan karakter
4. Width
Besar ekspansi atau kontraksi dari ukuran normal atau medium
5. Size
Ukuran dalam satuan point ( 1 point = 0.0138 inci)
1 inci = 72.27 point

Format
1. Bitmap
- Gambar karakter (glyph) tersusun dari kumpulan dot atau piksel (pixel = picture elemen)
- Memiliki ukuran dan resolusi tertentu
- Tampilan akan pecah (pixelize) jika ukuran diperbesar
2. Outline
- Disebut juga vector fonts (menggunakan kurva Bézier) yang menggunakan instruksi dan rumus matematis untuk menggambarkan tiap karakter
- Tampilan tetap baik pada skala ukuran yang diperbesar
- Memerlukan proses rasterisasi pada saat ditampilkan
- Lebih umum digunakan dibanding format Bitmap
- Standar universal yang dipakai adalah Adobe PostScript. Contoh, PostScript Type 1 dan Type 3, TrueType dan OpenType
- Semua versi OS Ms. Windows mendukung TrueType Font (.ttf)
3. Stroke
Menggunakan deretan baris tertentu dan informasi tambahan untuk menentukan profil ukuran dan bentuk karakter


Salah satu situs penyedia Font
Web : http://fonts500.com


Bagaimana cara menambahkan font baru ?
Ms. Windows
Linux


Ukuran karakter
- Bounding box
Kotak yang melingkupi suatu karakter
- Ascender
Garis ke atas pada huruf kecil seperti b, d, h, dst.
- Descender
Garis ke bawah pada huruf seperti g, q, dst.
- X-height
Tinggi huruf kecil tanpa ascender dan descender
- Left side bearing
Jarak antara titik asal (origin) dan sisi kiri bounding box
- Cap height
Tinggi huruf besar
Tata letak
+ Tracking
- Spasi (jarak/ruang) diantara karakter pada satu baris
- Tracking yang longgar berarti bahwa ruang/spasi diantara karakternya lebar, sehingga jumlah kata per baris lebih sedikit
+ Kerning
- Pengaturan spasi tambahan diantara dua karakter tertentu
- Biasanya jarak antara titik asal (origin) dari dua karakter yang berdekatan sama dengan lebar karakternya
- Karena bentuk karakter, spasi diantara karakter-karakter tertentu (seperti A dan v) bisa terlihat tidak sama dengan yang lain sehingga perlu dilakukan Kerning
+ Leading
- Jarak antara baseline (garis dasar) pada dua baris yang berdekatan
- Disebut juga line spacing
- Ukuran biasanya adalah 14 point untuk teks 12 point dan 12 point untuk teks 10 point


Penggunaan
- Untuk teks yang kecil, gunakan font ada yang mudah dibaca, font dekoratif tidak ada gunanya
- Gunakan sedikit typeface yang berbeda dalam satu dokumen, tetapi variasikan bobot dan ukurannya serta gunakan italic atau bold
- Dalam blok teks, aturlah spasi baris yang sesuai. Baris yang terlalu rapat menjadi susah dibaca
- Variasikan ukuran font sebanding dengan kepentingan pesannya
- Dalam headline berukuran besar, gunakan kerning yang sesuai agar spasinya tepat
- Jika perlu gunakanlah efek warna dan tempatkan teks pada berbagai latar belakang (back ground)
+ - Warna
- Gunakan warna agar teks terlihat menonjol atau lebih jelas
- Gunakan warna hitam atau putih jika memungkinkan
- Hindari penggunaan warna yang hampir sama, seperti merah dan pink
-Jangan gunakan warna untuk menyampaikan informasi karena mungkin saja ada user yang buta warna
- Teks yang terlalu sedikit pada layar memerlukan banyak pindah halaman atau klik mouse
- Teks yang terlalu banyak pada layar menyebabkan layar terlalu penuh (overcrowded) dan tidak nyaman
- Konsistenlah dalam penggunaan warna, typeface, ukuran dan gaya font
- Gunakan kata atau frasa yang berarti untuk Menu dan Link
- Gunakanlah Bold untuk memberi penekanan pada suatu teks, jangan gunakan underline, karena .................
- Pada halaman Web, tempatkanlah elemen teks yang penting dan Menu di 320 piksel di bagian atas, karena menurut suatu penelitian : hanya 10-15% surfer yang suka men-scroll halaman web
- Jika komputer pengguna tidak memiliki font yang sama, browser-nya akan menggunakan font substitusinya sehingga tampilan menjadi tidak sama lagi
- Untuk memastikan tampilan web sama seperti seharusnya, gunakanlah font yang umum seperti Times New Roman, Arial, Georgia dan Verdana


Kata Vi adalah singkatan dari Visual yang berarti gambar, kemudian pada kata Deo adalah singkatan dari Audio yang berarti suara.
Dari pemnjelasan di atas dapat kita simpulkan pemahaman bahwa VIDEO adalah merupakan seperangkat komponen atau media yang mampu menampilkan gambar sekaligus suara dalam waktu bersamaan.
Pada dasarnya hakekat video adalah mengubah suatu ide atau gagasan menjadi sebuah tayangan gambar dan suara.



Penggunaan Teks dalam Multimedia

Tampilan dalam bentuk teks atau yang lebih dikenal dengan istilah tipografi merupakan elemen yang cukup penting dalam pembuatan multimedia. Sebagian besar multimedia menggunakan teks karena sangat efektif untuk menyampaikan ide dan panduan kepada pengguna. Teks merupakan bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenali, serta file teks mempunyai struktur yang sederhana. Teks biasanya mengacu pada kata, kalimat, alinea, segala sesuatu yang tertulis atau ditayangkan.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai penggunaan teks dalam suatu aplikasi multimedia adalah :
1. Gunakanlah huruf (font) yang sesuai dengan tema aplikasi multimedia yang akan dibuat.
2. Pastikan huruf (font) yang dipakai tersedia di sistem komputer lain.
3. Pemilihan bentuk dan warna yang sesuai dengan tema aplikasi multimedia.
4. Pastikan teks tersebut terbaca.
5. Usahakan ringkas tetapi padat.
Struktur teks terdapat dua yaitu


1. Linear
Struktur teks yang tradisional Organisasi berbentuk linear di mana ia mempunyai bagian permulaan dan penghujung. Susunannya terdiri dari beberapa siriseksyen/bab. Susunan teks berstruktur ini adalah dalam bentuk hierarki dan boleh digambarkan seperti pohon.


2. Tidak linear
Dikenali sebagai HYPERTEXT. Susunan tidak linear dan mempunyai struktur data graf. Ia terdiri dari nod yang mempunyai bagian teks yang berukuran kecil dan akan dihubungkan dengan bagian teks yang lain menggunakan pautan (links). Hypertext membolehkan pengguna mencapai dokumen dengan cepat.


Kelemahan media teks :


• Kurang kuat bila digunakan sebagai media untuk memberikan motivasi.
• Mata cepat lelah ketika harus menyerap materi melalui text yang panjang dan padat pada layar komputer.


Contoh penggunaan teks dalam multimedia yaitu : iklan, penerbitan, poster, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar