Sabtu, 15 Maret 2014

bekerja dengan text

Hallo semua, hari ini hampir aja saya telat praktikum SBD, tadinya planing bangun jam 7 pagi trus naik kereta api. Kenapa naik kereta api ? ya karena motor saya lagi diberesin. Tapi alhasilnya gua bangun jam 8 pagi. Trus saya langsung pinjem motor dari abang. Karena naik kereta api ke binus, bisa bisa sampe 1,5 - 2 jam. Kalo hoki sih cuman setengah jam. Tapi karena ini mau kelas praktikum, ya saya langsung ambil aman aja. 

Kali ini saya bakal ngebahas teory tentang bekerja dengan text

Bekerja Dengan Teks (Bagian-2)
Menambahkan bullets (tanda-tanda sub/bagian)
Untuk menambahkan bullet, langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah :
1.      Pilih paragraph text (blok teks-teks yang diinginkan) dimana bullet akan ditambahkan (bullet tidak bisa ditambahkan pada artistic text)
2.      Klit menu Text — klik Bullets.
3.      Klik kotak di sebelah kiri tulisan “Use bullets” untuk mengaktifkan tanda centang pada kotak tersebut.
4.      Pada jendela (kotak menu) Appearance pilih jenis font yang digunakan
5.      Pilih macam Symbol sebagai bullet
6.      Atur ukuran bullet pada pilihan Size
7.      Atur nilai Baseline shift untuk menentukan posisi bullet terhadap baseline teks; nilai positif akan membuat bullet semakin ke atas dan negatif membuat bullet semakin ke bawah. Nilai default-nya adalah nol.
8.      Pada kotak menu Spacing, atur nilai Text frame to bullet untuk menentukan jarak bullet dari bingkai teks. Nilai nol akan membuat bullet berada di sisi paling kiri bingkai (menempel), nilai positif akan membuat bullet berada lebih ke dalam bingkai.
9.      Tentukan nilai Bullet to text untuk mengatur seberapa jarak antara teks dengan bullet.
10.  Untuk membuat teks menggantung (rata kiri dengan teks setelah bullet di atasnya), aktifkan tanda centang di sebelah kiri pilihan Use hanging indent stule for bulleted lists.
11.  Untuk melihat pratampilan penambahan bullet, klik tombol Preview pada kotak menu bullets.
12.  Apabila bullet yang ingin digunakan telah sesuai, Klik OK
Untuk mengganti warna bullet, pilihlah bullet (dengan text tools) dan klik salah satu warna yang ada pada color picker (kotak2 warna di sebelah kanan jendela coreldraw).






Menambahkan kolom pada paragraf teks
Kita bisa menjadikan teks yang kita ketika dalam suatu pharagraph text tersusun dalam satu atau lebih kolom paragraf. Langkah-langkahnya adalah :
1.      Pilih bingkai teks
2.      Klik Menu Text — klik Columns
3.      Atur nilai di dalam kotak Number of columns untuk menentukan berapa jumlah kolom yang kita inginkan
4.      Atur nilai-nilai lebar kolom (Width), dan jarak antar kolom (Gutter). Jika ingin semua kolom memiliki lebar yang sebanding, aktifkan tanda centang pada kotak Equal column width
5.      Pada kotak Frame Settings, aktifkan tanda Automatically adjust frame width jika ingin lebar bingkai paragraf disesuaikan secara otomatis.















Menambahkan drop cap
Dengan drop cap kita menjadikan huruf pertama dari suatu paragraf teks memiliki ukuran yang lebih besar dari huruf-huruf yang lainnya.
Langkah-langkahnya adalah :
1.      Pilih paragraf teks yang akan kita tambahkan drop cap
2.      Klik menu Text — pilih Drop cap
3.      Aktifkan tanda Use drop cap
4.      Atur nilai Number of lines dropped untuk menentukan tinggi (berapa baris dari paragraf tersebut) drop cap akan dibuat
5.      Atur nilai Space after drop cap untuk menentukan jarak antara drop cap dengan huruf sesudahnya.
6.      Bila ingin teks menggantung setelah drop cap, aktifkan tanda Use hanging indent style for drop cap.
7.      Klik Preview untuk melihat pratampilannya.
8.      Klik OK bila telah sesuai semuanya.















Menyisipkan Gambar dan Karakter Khusus

Kita bisa menyisipkan suatu gambar objek ataupun bitmap di dalam teks. Gambar objek atau bitmap tersebut akan dianggap sebagai karakter khusus, sehingga kita dapat menerapkan format-format sesuai dengan karakter (huruf) yang kita gunakan.
Kita juga bisa menambahkan karakter khusus sebagai teks atau sebagai grafis. Apabila karakter yang kita tambahkan tersebut bersifat sebagai teks, kita bisa melakukan format-format sebagaimana halnya terhadap teks. Sedangkan jika karakter yang kita tambahkan tersebut bersifat sebagai grafik, maka karakter tersebut adalah sebuah kurva, sehingga kita bisa mengeditnya sebagaimana kita mengedit sebuah kurva (grafik).
Disamping itu, kitapun dapat mengubah objek, misalnya sebuah logo atau huruf yang telah dimodifikasi, menjadi karakter khusus dan kemudian menambahkannya sebagai suatu karakter (huruf). Ini memungkinkan kita untuk menambahkan suatu objek sebagai teks atau grafik di dalam suatu paragraf. Objek tersebut secara otomatis akan berubah ukuran mengikuti perubahan ukuran karakter yang disisipinya secara proporsional.
Misalkan kita punya sebuah gambar burung. Gambar burung tersebut ingin kita sisipkan atau tambahkan ke dalam teks kita, yang nantinya gambar burung tersebut akan menyesuaikan ukurannya dengan ukuran teks yang kita gunakan. Jika teks-nya membesar, gambar burung ikut membesar dan sebaliknya. Untuk ini, langkah-langkahnya adalah :
1.      Pilih gambar burung tersebut. Klik menu Edit, kemudian klik salah satu dari : cut/copy
2.      Dengan menggunakan Text tool (A), klik dimana gambar burung tsb akan ditempatkan dalam paragraf
3.      Klik menu Edit, kemudian klik Paste.
Cara lainnya adalah :
1.      Klik dan tahan tombol kanan mouse pada gambar burung tersebut.
2.      Bawa kursor ke dalam paragraf teks hingga muncul tanda “A” dan anak panah bengkok di dalam gambar burung.
3.      Tempatkan pada bagian di mana gambar burung tersebut ingin disisipkan.
4.      Lepaskan tombol mouse dan klik Copy into text.
Maka gambar burung tersebut telah disisipkan ke dalam paragraf teks serta akan berubah mengikuti format yang kita kenakan terhadap teks. Artinya, jika teks tersebut kita format dengan huruf miring (italic), maka gambar burungnya pun akan ikut miring. Jika teks kita format dengan cetak tebal (bold), maka gambar burungnya pun akan ikut tercetak tebal, dst.

Untuk menyisipkan karakter khusus, misalnya lambang-lambang matematika dsb, maka langkah yang dapat kita lakukan adalah :
1.      Klik text tool (A) dan klik pada bagian di dalam paragraf teks dimana karakter khusus akan kita sisipkan
2.      Klik menu Teks — Insert symbol character
3.      Pada jendela docker Insert Character , untuk jenis font pilihlah Symbol
4.      Pilih symbol yang ingin disisipkan, tentukan ukuran character pada Character Size kemudian klikInsert.


















Bekerja dengan text

Dalam program CorelDRAW terdapat dua jenis tipe teks yaitu Teks Artistik (Artistic Text) dan Teks Paragraph (Paragraph text). Teks artistik biasanya digunakan untuk menulis teks singkat agar dapat dimanipulasi dengan berbagai efek. Teks paragraph adalah teks yang biasanya digunakan untuk keperluan tulisan yang banyak dan dapat di format berdasarkan paragraph. Anda juga bisa merubah (convert) Teks Artistik menjadi teks paragraf atau sebaliknya, dengan menekan Ctrl+F8 pada keyboard.
Teks Artistik (Artistic Text)
Untuk membuat teks artistik, ikuti langkah berikut:
Klik Text tool (F8) pada toolbox.
Klik sekali pada objek atau lembar kerja yang ingin Anda beri tulisan, kemudian ketikkan kata/kalimat yang Anda inginkan.
Teks Paragraf (Paragraph Text)
Klik Text Tool (F8) pada toolbox.
Klik tahan, lalu geser ke sebelah kanan/kiri objek atau lembar kerja hingga membentuk frame, kemudian ketikkan kata/kalimat yang Anda inginkan didalam frame tersebut.
Apabila Anda sudah terbiasa bekerja dengan Microsoft Office Word, saya rasa tidak akan kesulitan dalam hal memformat teks paragraf ini. Semua hal yang berhubungan dengan teks ini ada pada menu Text.
Sebaiknya aktifkan menu Character Formatting dan Paragraph Formatting sebelum Anda bekerja dengan tipe teks paragraf. Kedua menu tersebut ada pada submenu Text. Apabila keduanya aktif maka docker kedua menu tersebut akan tampil disebelah kanan lembar kerja. Silahkan asah kreatifitas Anda dengan mencoba satu persatu semua item pada docker Character Formatting dan Paragraph Formatting tersebut. Dan sekedar mengingatkan, apabila hendak memformat kata/kalimat terlebih dahulu kita harus memblok (menyeleksi) kata/kalimat tersebut.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar