Sabtu, 08 Maret 2014

Beta Development

Hallo selamat malam ladies and gentlement, kembali lagi nih ama saya :)

Kali ini saya bakal ngebahas tentang Beta Development yang termasuk proses pembuatan proyek. Biasanya bagi para gamer online, sudah ga asing lagi nih denger kata "Beta". Nah bagi yang ga tua, biar saya jelasin. Kata "Beta" itu berarti artinya akhir. Jadi dalam dunia game online, "Beta" itu adalah mulainya pembukaan game online yang baru diterbitkan.

Dalam dunia pengembangan perangkat lunak, beta adalah versi yang dirilis diluar organisasi atau komunitas yang mengembangkan software tersebut untuk tujuan evaluasi atau testing di dunia nyata.
Beta sendiri adalah nickname untuk software yang telah melewati proses pengujian alpha, dan dirilis kepada pengguna untuk pengujian lebih lanjut. Dapat dikatakan versi beta adalah prototipe dari sebuah software sebelum peluncuran resmi.
Proses peluncuran versi beta kepada user disebut beta release. Software dengan level beta pada mumnya mengandung semua fitur, namun juga termasuk sejumlah bugs.

Sumber  : tanyapedia

      Aplikasi yang telah memasuki tahap Beta, berarti aplikasi tersebut telah lolos dari tahap Alpha dan tinggal satu tahap lagi untuk dilempar dan di tes ke pasaran (dalam bentuk terbatas). Aplikasi tahap Beta biasanya merupakan prototip aplikasi yang sudah jadi yang nantinya akan dilempar ke pasaran/end user. Versi Beta ini pun biasanya sudah tersedia secara publik dan dapat di download. Secara umum, tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok antara versi Beta dengan versi penuh (full release). Perbedaannya biasanya hanya terletak pada bug-bug yang ada di dalamnya.
      Programmer, developer, atau pengguna yang menggunakan versi Beta lalu memberikan umpan balik (feedback) terhadap aplikasi tersebut disebut beta testers. Mereka, orang-orang itu, sangat berjasa dalam membuat sebuah aplikasi menjadi stabil dan bebas error. Itulah mengapa nama-nama beta-testers ini selalu disertakan dalam tempat khusus pada aplikasi (biasanya bagian About) untuk menghargai jasa besar mereka.

Sumber  : blogstudent



Dan saya dapet artikel tentang beta di game online nih, cekidot.
      Setelah beberapa bulan dilakukannya masa beta testing, Ragnarok Online 2 atau biasa dikenal dengan RO2 dari Korea-based Gravity, sebentar lagi game ini akan memasuki masa Open Beta di Korea Selatan pada tanggal 22 Febuari 2012.
      Setelah bertahun-tahun tahap pengembangan dari game ini selesai, Ragnarok Online 2 akhirnya telah melewati beberapa masa beta test juga test terakhir yang dilakukan pada 26 Desember tahun lalu, dan game ini telah diterima dengan baik oleh banyak pemain. Oleh karena itu, Gravity memutuskan untuk memulai masa Open Beta dengan segera dan juga mereka ingin agar para penggemar merasa senang dan terhibur dengan dimulainya masa Open Beta game tersebut.
       Ragnarok Online 2 adalah sebuah episode lanjutan dari Ragnarok Online sebelumnya, hal ini memungkinkan para pemain untuk memulai suatu perjalanan disebuah dunia fantasi yang begitu indah serta menakjubkan yang disajikan oleh Ragnarok Online, serta Map, Monster, NPC dan sebagainya akan membuat para pemain khususnya para penggemar game Ragnarok ini, kalian akan merasa sangat akrab dengan hal-hal yang tentunya sudah sangat familiar didalam game ini. Selain itu content upgrade dari Ragnarok Online key features, serta beberapa elemen kreatif lainnya akan tergambar secara rinci didalam Ragnarok Online 2 ini.
       Pada G-Star 2011, Gravity mengungkapkan bahwa Ragnarok Online 2 telah dilisensikan ke 10 negara dan lokalisasi dapat dimulai setiap saat. Ragnarok Online 2 diharapkan untuk masuk kepasar luar negeri tentunya pada tahun 2014 mendatang.

Sumber  : info-frenzy

       Proses persiapan konsol Xbox One milik Microsoft terus bergulir. Hal ini terungkap dari sebuah podcast yang memuat perbincangan antara Marc Whitten, VP Xbox, dan Larry Hryb sebagai wakil Xbox, yang memperbincangkan bahwa konsol game terbaru Microsoft tersebut sudah diujicoba secara internal dan oleh para developer game tertentu.
      Dalam perbincangan tersebut, Whitten mengatakan bahwa Microsoft telah meningkatkan kecepatan GPU Xbox One dari 800 MHz ke 853 MHz. Disebutkan juga bahwa Microsoft sudah merilis driver mono untuk pengembang sebagai driver grafik DirectX yang dioptimasi untuk Xbox One.
     Dari podcast tersebut dapat digambarkan bahwa makin banyak games yang sudah mendekati tahap pengembangan final. Selain itu Whitten juga mengisyaratkan bahwa Xbox One sudah bertransisi ke bentuk fisik yang siap dimiliki umum dan bukan hanya sekedar pajangan sebagaimana terlihat dulu. Tak banyak detail lain yang terungkap namun Whitten mengatakan bahwa detail lebih jelas akan diungkap saat Gamescom yang akan berlangsung beberapa pekan mendatang.
      Xbox One direncanakan hadir bulan November mendatang, dengan ancang-ancang harga sekitar 500 dolar Amerika Serikat.

Sumber  : teknoup


Sebuah game online baru kembali lagi hadir di Indonesia. Game online yang dihadirkan oleh PT. Megaxus Infotech ini merupakan sebuah game online yang menemakan seputar dance music video game yang dibuat oleh T3 Entertainment dengan publisher Yedang Entertaiment yang berposisi di Korea. Dari judul gamenya, Audition Ayo Dance mengingatkan kita tentang sebuah acara Let's Dance disalah satu stasiun televisi swasta ditanah air. Yup secara garis besar
permainan dari game online ini adalah menari dengan diikuti irama musik. Penasaran,mari kita simak lebih lanjut. Pada tanggal 9 Desember 2006 merupakan tanggal dimulainya closed beta dari game online ini. Di tahap closed beta, pemain bisa mencoba permainan game online ini pada beberapa cyber yang tertentu. Dan untungnya saya berhasil mencoba game online ini disalah satu cyber ternama dikota saya. Untuk mendapatkan list lengkap daftar cyber yang telah memiliki game online Audition Ayo dance tahap closed beta, pemain dapat melihatnya di situs resmi, yaitu

Gameplay dari game ini memang tidak berbeda jauh dengan game - game dance lainnya seperti Dance Dance Revolution (DDR) atau Bust A Grove. Dimana pemain diharuskan menekan tombol - tombol pada keyboard untuk mengikuti barisan key note yang muncul dilayar permainan. Pada dasarnya pola key note hanya terdiri atas 4 buah saja (4D) yaitu panah atas, panah bawah, panah kiri, dan panah kanan. Namun nantinya juga akan muncul panah diagonal, seperti panah kiri atas, panah kiri bawah, panah kanan atas, dan panah kanan bawah. Setelah itu, pemain juga harus menyesuaikan bola beat yang bergerak pada bar beat yang teletak pada bagian atas bar key note. Jika bola beat tersebut mencapai area yang terang pada bar beat maka pemain diharuskan menekan tombol space untuk mendapatkan nilai seperti Perfect, Great, Cool. Dan jika pemain gagal memberikan ketepatan pada bar beat tersebut, maka pemain akan mendapatkan nilai seperti Miss, Bad dan karakter pemain akan berhenti menari hingga pola key note berikutnya muncul. Dan jika pemain berhasil menyelesaikan gerakan dance hingga level 9, maka dilayar akan muncul tulisan Finish Move, dimana karakter pemain akan dapat melakukan gerakan terakhir atau penutup yang keren. Jadi, seberapa hebatnya karakter dancer menari รข€“ nari ditentukan oleh seberapa hebatnya pemain memainkan jari - jarinya pada tombol keyboard. Cukup mudah dan seru bukan. Tapi saya masih ragu, apakah fitur kontrol game online ini dapat mendukung karpet dancing milik konsol Playstation 2. Namun kalo dipikir - pikir sepertinya tidak memungkinkan, dikarenakan pemain juga harus menyesuaikan bola beat pada bar beat.


seperti pada game - game online lainnya, pada saat memulai permainan, pemain diharuskan untuk memasukan username dan password yang telah diregister disitus resmi Audition Ayo Dance. Setelah itu pemain dapat memilih salah satu dari beberapa server yang tersedia yang meliputi server Newbie, server Novice, server Midway, dan server Free. bagi pemain pemula dianjurkan untuk mengunakan server Newbie, dimana ini merupakan server bagi tingkatan level 1 hingga 5. Dan jika pemain ingin mendapatkan tantangan yang lebih seru dapat mengunjungi server Free, dimana pada server ini tidak memiliki batasan level untuk memasukinya. Setelah memilih server, pemain akan memilih salah satu channel dari beberapa channel yang tersedia. Sebelum memilih channel, pemain dapat mengamati bar channel, dimana semakin penuh bar channel tersebut maka semakin banyak pemain yang bermain didalam channel tersebut.
Disamping itu, game online musik dance ini juga memiliki sebuah kota yang bernama Ayo Dance Town. Namun sebelum memasuki kota, pemain harus mempunyai karakter dancer untuk ditempatkan di Ayo Dance Town. Cara membuat karakter pada game ini cukup gampang dan mirip dengan game - game online lainnya, dimana pemain harus menentukan nickname yang ingin digunakan kemudian pemain dapat mempersonalisasi karakternya mulai dari jenis kelamin (cowok dan cewek), rambut, top (baju), bottom (celana), sepatu, skin, hingga muka. Setelah semuanya sesuai dengan keinginan, pemain hanya tinggal mengklik tombol Confirm untuk menyetujuinya.

Saat memasuki kota ini terdapat beberapa bangunan dan untuk memasukinya, pemain hanya tinggal mengerakan kursor mouse ke bangunan yang diinginkan dan bangunan tersebut akan tampil lebih terang dibandingkan dengan yang lain dan kemudian tekan klik untuk masuk kedalam. Bangunan yang terdapat pada kota tersebut meliputi Broadcasting Station (dimana bangunan ini teletak pada bagian tengah kota dan yang merupakan paling megah, ditempat inilah pemain akan mempertunjukan keahliannya dalam menari), Shopping Mall (ditempat ini, pemain bisa mendapatkan berbagai macam aksesoris untuk mendandani karakternya), My Home (dimana ini merupakan rumah karakter yang dapat digunakan untuk mempersonalisasi karakter pemain), Cafe (ditempat ini, pemain dapat berchatting dengan sesama pemain lainnya dan mencari teman baru), dan UFO (sebenarnya ini bukan merupakan bangunan, melainkan sebuah pesawat asing yang berada diatas kota tersebut, di tempat tersebut, pemain dapat melihat ranking pemain dan pemain lainnya).


Setelah memasuki Broadcasting Station, pemain dapat membuat room sendiri dengan memilih mode permainan, menentukan judul musik, dan menentukan stage atau panggung yang diinginkan. Atau jika pemain tidak ingin roomnya dimasuki oleh pemain yang tidak dikenal dapat mengunakan fasilitas password, sehingga pemain yang memiliki password hanya dapat memasuki room tersebut. Dan jika pemain malas membuat room, pemain dapat memilih opsi Random untuk masuk ke room yang telah dibuat oleh pemain lainnya. Setelah selesai membuat room, pemain akan memasuki waiting room, di dalam waiting room pemain bisa mengunakan fasilitas chating sambil menungu pemain lainnya. Pemain yang membuat room akan menjadi DJ room tersebut dan setelah beberapa pemain lain berada di room tersebut dan telah lengkap maka DJ room dapat segera memulai permainan.


Sumber  : b16log


Tidak ada komentar:

Posting Komentar