Unsur yang terdapat dalam multimedia
ini sesuai dengan definisi yang telah dijelaskan pada bab awal. Ada 5 komponen
multimedia yag dijelaskan Hofstetter (2001) dalam buku Multimedia Literacy
yaitu: suara, animasi, video, grafik, dan teks. a. Suara Multimedia tanpa bunyi
disebut unimedia. Bunyi atau audio dalam multimedia. Bunyi memainkan peranan
penting dalam teknologi multimedia saat ini. Terdapat berbagai cara yang dapat
digunakan agar dalam suatu multimedia terdapat suara manusia. Antara lain
dengan cara merekam menggunakan microphone atau pengeras suara yang telah
tersedia pada setiap komputer. Format yang mendukung suara adalah : mp3, wav,
voc, snd, aud dan sebagainya. unsur multimedia Di dalam sebuah tampilan slide
multimedia pembelajaran bisa kita sisipkan berbagai macam suara yang bisa
menjadikan tampilan itu lebih menarik untuk diikuti. Bunyi menghapuskan
perasaan janggal dan seolah-olah pengguna sedang berkomunikasi dengan manusia
lain dan bukan dengan mesin. Dahulu suara berbentuk data atau sinyal analog
yang direkam kedalam pita kaset, saat ini telah berkembang menjadi sinyal
digital yang dapat disimpan dalam media penyimpanan komputer. Format audio yang
paling banyak digunakan dalam file digital ini adalah mp3, midi, rm, aif, dan
wav.
Sedangkan dari segi kualitas audio
yang baik, saat ini format mp3 merupakan pilihan yang terbaik. Disamping
kapasitas file yang relatif kecil, suara yang dihasilkan juga cukup bagus.
Untuk audio digital ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Software yang
dapat digunakan untuk mengolah audio antara lain Adobe Audition, Cool Edit,
Sony Sound Forge, dan lain sebagainya b. Animasi Animasi adalah salah satu
elemen multimedia yang cukup menarik, karena animasi membuat sesuatu
seolah-olah bergerak. Animasi merupakan rangkaian sejumlah gambar yang ditampilkan
secara bergantian. Animasi tidak hanya berguna untuk film saja, dalam dunia
situs web, animasi digunakan untuk memberikan sentuhan manis pada situs.
Sedangkan dalam dunia pendidikan,
animasi dapat digunakan sebagai alat bantu penjelasan agar orang-orang yang
diajar bisa lebih memahami maksud suatu konsep. Animasi dibagi dalam 2 kelas
besar yaitu animasi 3 Dimensi dan animasi 2 Dimensi. Software yang dapat
digunakan dalam membuat animasi cukup banyak diantaranya adalah Flash MX, Swish
MX, Blender, untuk animasi 2D sedangkan 3DS Max, Maya 3D, Alias Maya, dan
Autocad merupakan software yang dapat digunakan untuk membuat animasi 3D. c.
Video Video dalam multimedia memiliki peran yang sangat penting. Dengan video
pengguna akan merasa lebih dekat dengan apa yang ingin dipelajari. Video bisa
lebih memberikan penjelasan yang bisa diambil kesimpulan secara mandiri oleh
pengguna sehingga lebih mudah untuk diingat dan difahami.
Penggunaan video dalam multimedia
memiliki kelebihan tersendiri. Tampilan video sebagai gambar hidup dapat
meningkatkan keefektifan multimedia dalam menyampaikan pesan atau misi yang
dibawa. Dalam multimedia video cukup berperan, disamping kelebihannya dapat
direkam dan diputar ulang, video lebih mampu menjelaskan tentang suatu proses karena
terdapat penggabungan 2 indera yaitu penglihatan dan pendengaran, sehingga
materi yang disampaikan oleh video tersebut lebih mudah diserap dan dimengerti
oleh peserta didik. Pada masa awal video, media ini hanya berupa tampilan
visual bergerak tanpa suara. Media yang digunakan untuk menyimpan atau merekam
gambar merupakan pita yang di tata sedemikian rupa.
Saat ini dengan perkembangan teknologi
komputer, memberikan efek baik pada perkembangan video. Video yang pada awalnya
berupa sinyal-sinyal yang disimpan dalam media pita, sekarang dapat disimpan
dalam media elektrik yaitu digital video. Dengan berkembangnya teknologi
dibidang komputer ini, digital video dikemas dalam beberapa format yaitu mpeg,
avi, dat, ogg, flv, dan lain sebagainya, dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan
dari editor atau perancang dengan menggunakan beberapa software yang cukup
banyak digunakan dalam industri perfilman. Beberapa software yang ada adalah
Sony Vegas yang dirilis oleh Sony Pictures Digital Inc, yang saat ini telah mencapai
versi ke 7, Adobe Premier oleh Adobe System Incorporated, Pinnacle Studio, dan
Microsoft dengan Windows Movie Maker. d. Grafik Grafik boleh didefinasikan
sebagai sebuah lukisan, pencetakan, gambar atau huruf dengan menggunakan
berbagai media secara manual atau menggunakan teknologi komputer.
Seni grafik berkomputer digunakan
secara meluas dalam dunia kejuruteraan, industri berat, animasi dan perfilman.
Teknik ini dapat menampakkan atau menvisualkan suatu imaginasi seseorang pada
monitor komputer. Software yang dapat digunakan untuk mendesain atau melakukan
manipulasi gambar digital adalah Corel Draw dan Corel Photo yang telah mencapai
versi 13, Adobe Photoshop, Paint, ACDSee, dan lain sebagainya. Format gambar
yang didukung dalam multimedia cukup beragam mulai dari BMP, JPG, tiff,
ico,PNG, dan lain sebagainya. e. Teks Teks adalah sejenis data yang paling
mudah dan memerlukan sedikit ruang untuk mengingat. Teks boleh digunakan dalam
berbagai sub bidang untuk memberi penjelasan kepada suatu perkara dalam bentuk
bacaan. Text berfungsi untuk memperkokoh media-media lain.
Teks merupakan sarana penyampaian
informasi. Penggunaan teks dalam multimedia tergantung pada karakteristik
multimedia tersebut. Sebuah game multimedia tidak memerlukan teks yang banyak,
sebaliknya sebuah multimedia ensiklopedi membutuhkan teks yang banyak. Secara
umum terdapat empat tipe teks :
1) Teks cetak Yaitu teks yang tercetak di atas
kertas penggunaan teks ini sebagai basis dokumen pada multimedia harus diolah
agar mampu dibaca oleh mesin.
2) Teks hasil scan Teks jenis ini merupakan teks
yang dihasilkan oleh scanner, merupakan hardware yang dapat digunakan untuk
merubah teks cetak atau gambar cetak menjadi data elektrik sehingga dapat
dibaca dan diedit dengan bantuan komputer.
3) Teks
elektronik Yaitu teks yang dihasilkan oleh perangkat elektronik. Teks ini dapat
dibaca komputer dan dikirim melalaui jaringan.
4) Hyperteks Hyperteks merupakan dasar dalam
produksi multimedia. Hyperteks adalah teks yang telah masuk link. Teks dengan
tipe ini memungkinkan sisi interaktif dalam multimedia terpenuhi.
Sumber : www.m-edukasi.web.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar