6 Strategi pemasaran yang efektif
Untuk memenangkan pasar, selain strategi marketing,
diperlukan juga ide yang inovatif. (image: google)
Teknik pemasaran boleh dikatakan sebagai kunci
keberhasilan dari penjualan produk. Kemampuan yang handal dalam memasarkan
produk atau jasa bisa jadi lebih penting dari produk itu sendiri. Teknik
pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang efektif. Dengan
strategi tersebut, proses marketing dapat dipertahankan, bahkan cara baru dalam
memasarkan produk juga bisa kita temukan dan membuat pelanggan semakin loyal.
Tentu saja, jangan abaikan faktor kualitas produk yang merupakan poin penting
bagi pemasaran itu sendiri.
Maka, setelah Anda pastikan kualitas produk Anda,
rancanglah strategi pemasaran yang efektif agar proses pemasaran dapat berjalan
secara terkontrol, dinamis, dan kreatif. Berikut ini ada 6 langkah strategi
pemasaran yang dapat Anda terapkan.
Pertama, kenalilah pelanggan Anda. Identifikasi
target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang
efektif. Anda dapat membidik pasar di kelompok usia 15—30 tahun jika Anda ingin
memasarkan produk sepeda sport. Atau Anda dapat membidik wanita dengan kelompok
usia 20—35 tahun jika ingin memasarkan produk sepatu wedges. Jadi, dengan
mengetahui siapa target market Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu
dan biaya yang sia-sia.
Kedua, lakukanlah promosi. Lakukan upaya promosi
atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi
yang Anda lakukan tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara
kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya, setiap kali
bepergian, bawalah brosur, pamflet, atau leaflet berisi produk bisnis Anda
untuk dibagikan kepada rekan-rekan, atau Anda dapat menyebarkan brosur tersebut
di tempat umum. Buatlah status di jejaring social yang berkaitan dengan produk
Anda, atau Anda mungkin dapat mengirim sms kepada teman-teman Anda terkait
dengan produk tersebut. Dengan berbagai usaha tersebut, dengan sendirinya, Anda
akan menemukan pelanggan yang membutuhkan produk yang Anda tawarkan.
Selain itu, lihatlah pula bagaimana upaya promosi
yang dilakukan kompetitor Anda. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik,
lanjutkan upaya promosi tersebut. Jangan lupakan pula kehebatan word-of-mouth
publicity. Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena dapat
menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu,
siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda.
Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang
dapat menarik pelanggan baru.
Ketiga, pilih lokasi yang strategis. Faktor
penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Anda
perhatikan outlet atau toko roti Holland Bakery selalu berada di
jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat tinggi. Itu
merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan potensial. Maka, usahakan
untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk
dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka.
Keempat, gunakan internet marketing. Internet
marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Apa
pasal? Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda
dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial. Saat ini, jual beli
online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap tahunnya.
Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar
jam buka toko, menghindari keramaian, dan lebih privasi. Ruang inovasi juga
terbuka lebar di internet. Anda dapat memasang foto, berinteraksi langsung
dengan pelanggan, bahkan menggelar berbagai promo menarik bisa Anda lakukan.
Kelima, jalin hubungan dengan pelanggan. Memelihara
pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Konon,
biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru sekitar 6 kali lipat daripada
memelihara pelanggan lama. Maka, buatlah database pelanggan, masukkan data-data
penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka secara berkala, dan
informasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan, dan
lain-lain. Joe Girard, seorang salesman terkemuka di dunia otomotif, mengatakan
bahwa kunci suksesnya adalah selalu memelihara hubungan yang baik dengan
pelanggannya.
Keenam, the Power of Focus. Kekuatan fokus
terbukti dapat mengantarkan Apple menuju kesuksesan. Apple focus pada produknya
dan sanggup menghasilkan miliaran dolar hingga kini. Kesuksesan Apple tersebut
karena mereka fokus dengan sumber daya mereka dan produk yang lebih sedikit
tapi inovatif. Fokus tidak berarti Anda menjual lebih sedikit. Sebaliknya, Anda
dapat meningkatkan produksi Anda di wilayah tertentu.
Kini, dengan ketatnya persaingan pasar saat ini,
Anda harus dapat memenangkan pasar dengan strategi marketing yang tepat dan
juga ide yang inovatif.
Sumber : www.smartbisnis.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar