Minggu, 01 Juni 2014

Masalah web design



Beberapa masalah web design menurut Top 10 Mistakes in Web Design (http://www.useit.com/alertbox/9605.html)

a.      Bad search

Analisis :
- Pada website ini apabila kata yang kita cari tidak ada maka tidak ada keterangan        yang diberikan oleh web bahwa kata yang kita cari tidak ada.
- Pada website ini apabila kata yang kita cari tidak ada, dari websitenya tidak ada relatif kata yang diberikan oleh website padahal mungkin saja ada kesalahan penulisan saat kita pertama kali menulis. Akan lebih baik apabila website BNI memberikan relatif kata (suggestion), sehingga menghemat waktu user.
- Pada website ini tidak ada query sehingga membuat susah user. Apabila user tidak tahu penulisan maka dengan adanya query dapat membantu user untuk lebih cepat menemukan sesuatu.


b.      PDF file for online reading
Sumber : www.bps.go.id

Analisis :
- Pada website ini ada beberapa hal yang sebenarnya tidak perlu dimasukkan dalam pdf seperti contohnya katalog publikasi BPS 2010. Menurut saya katalog dibuat menjadi web saja karena akan jauh lebih cepat untuk user dimana user tidak perlu mendownloadnya.
                       

c.       Not changing the color of visited links

Analisis :
-          Pada website ini apabila user telah meng-klik suatu link, tidak ada perubahan warna link yang sudah kita klik. Misalnya apabila user meng-klik di bagian news, “Pemberitahuan SMS Berlangganan” kemudian user kembali ke home, ada kemungkinan user meng-klik link yang sama karena warna link tersebut tidak berubah.


d.      Non Scanable Text

Analisis :
-          Pada bagian meet our staff di web ini selain tulisannya terlalu kecil namun juga hamper seperti block of text. Apalagi bagi staff yang biodatanya terlampau panjang dengan title ato gelarnya serta riwayat pendidikannya yang banyak. User akan sulit membacanya dan malas untuk membaca biodata seperti ini. Akan lebih baik jika riwayat pendidikan digunakan bullet saja jangan semuanya ditulis dalam satu paragraf panjang seperti itu. Menurut saya usaha profit seperti ini, apalagi kursus, tentunya user yang ingin les di tempat tersebut ingin melihat level dari si pengajar sehingga harusnya biodata staff lebih dipikirkan untuk dibuat lebih baik lagi.

Sumber :

Analisis :
-          Pada bagian tengah website ini terdapat tulisan yang begitu panjang dan kecil. Dengan rata kanan dan rata kiri membuat tulisan seperti tumpukan batu bata. Hal ini pasti akan membuat user malas untuk membacanya dan langsung meninggalkannya karena dengan membaca begitu banyak kata dan kalimat tentunya akan membuang waktu user. Harusnya dibuat lebih simple agar lebih menjual karena ini website profit.


e.       Fixed Font Size

Analisis :
-          Web ini merupakan web yang menawarkan mengenai kursus menari di sebuah kota kecil. Ketika saya lihat bagian meet our staff, ukuran tulisan yang digunakan terlalu kecil sehingga agak sulit dibaca dan cukup membuat pusing kepala. Saya kira user tidak akan pernah mau membaca biodata staff dengan tulisan yang kecil seperti itu. Akan lebih baik jika ukuran tulisan tidak terlampau kecil sehingga dapat dilihat dengan baik oleh user.

           
f.       Page Titles With Low Search Engine Visibility

Analisis :
-          Bisnis yang ditawarkan dalam web ini adalah aksesoris dan pakaian buatan tangan. Akan tetapi judul dari web ini adalah mamascheesies. Hal yang aneh adalah penggunaan nama cheesy yang ternyata apabila dilihat di kamus artinya adalah buruk atau kurang baik buatannya. Hal ini akan membuat user menemukan web ini di search engine.


g.      Anything That Looks Like an Advertisement

Analisis :
-          Web ini mengenai pemasaran calon model-model baru yang di dalamnya ada sebuah kata-kata yang intinya adalah untuk memasarkan ato mengiklankan model-model mereka. Namun demikian, kata-kata iklan ini berada di bagian paling bawah dari web tersebut dimana user harus meng-scroll bagian body agar dapat membaca iklan tersebut. Menurut saya ini iklan tersebut tidak diletakkan dengan baik karena iklan akan lebih baik tidak diletakkan di bagian body.


Analisis :
-          Di dalam web ini user akan susah dalam menentukan antara iklan dan barang yang ditawarkan. Hal tersebut dikarenakan web ini menawarkan barang dengan menampilkan gambar pada seluruh layar tanpa membaginya menjadi beberapa bagian tertentu. Saya rasa untuk membeli pun akan susah bagi user di dalam web ini.


h.      Violating Design Conventions
Sumber : www.detik.com

Analisis :
-          Pada web ini design yang diberikan berbeda-beda ketika user mengklik bagian atau subbab dari design ini sehingga ada kemungkinan membuat bingung user apakah sebenarnya web tersebut masih merupakan bagian dari web yang sama ataukah hanya namanya saja yang sama. Akan lebih baik apabila head dari halaman sama sehingga tidak membuat user bingung.


i.        Opening New Browser Windows

Analisis :
-          Pada bagian ini disajikan beberapa kota yang dapat diklik untuk dituju. Ketika kita mengklik salah satu kota tersebut maka aka nada di tab baru. Padahal akan lebih baik jika pilihan apakah mau dibuka di tab/window yang baru diberikan kepada user. Biar defaultnya dibuka di halaman yang sama saja sehingga tidak menghilangkan fungsi default.


j.        Not Answering Users Questions
Sumber :  http://www.sutoer.com   

Analisis :
-          Saat user mengklik about us dari sebuah website maka tentunya berharap akan menemukan sejarah dan keterangan mengenai perusahaan di web tersebut. Akan tetapi ketika saya mangklik about us, saya justru mendapatkan wacana mengenai apa saja yang dilakukan oleh perusahaan itu bukan mengenai informasi dari perusahaan itu.


Sumber : albert-adrianus.blogspot.com





Buat beberapa freelancer web designer atau developer pasti mengalami masalah dengan kasus yang sedang rutin terjadi belakangan ini yaitu Pemadaman Lampu Bergilir. Tentu saja fenomena ini sangat mengganggu kerja para freelancer yang bekerja dari rumah. Apalagi bila tidak mempersiapkan langkah-langkah jitu untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi.
Apa saja yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengurangi kerugian situasi pemadaman bergilir yang cukup mengganggu kerja kita saat ini?


ELECTRICAL PROBLEM

GUNAKAN UPS
Beberapa pengguna komputer biasanya menggunakan UPS untuk mengantisipasi kalau-kalau tiba-tiba mati listrik. Jadi masih ada tenaga listrik cadangan yang bisa digunakan untuk melakukan back up atau save. Namun tentunya hampir mirip seperti baterai, UPS juga tidak tahan lama. dan lagi suaranya cukup mengganggu. Tiiittt.... Tittt... Tittt...

GUNAKAN LAPTOP
Bisa juga ketika komputer kita mati, kita mengalihkan atau melanjutkan pekerjaan kita ke laptop. Memang tidak se powerfull komputer tentunya, tapi cukup menolong. Dan untuk energi yang ekstra, anda perlu mempersiapkan baterai lebih banyak yang sudah di charge penuh. Apabila baterai habis? Go to mall! Cari lubang stop kontak di tempat-tempat seperti Starbucks, Coffee Bean, dsb. It's kinda funny, banyak juga cafe yang menyediakan internet akses tapi tidak menyediakan stop kontak. Supaya jangan terlalu betah haha...


INTERNET ACCESS PROBLEM

GUNAKAN MODEM MOBILE
Buat para pengguna koneksi internet speedy ataupun Fastnet tentunya sadar, mau tak mau supaya modem nya bisa tetap menyala, harus menggunakan tenaga listrik. Meskipun sebetulnya telephone bisa tetap menyala meskipun tanpa adanya listrik, tapi modem tidak lepas dari penggunaan listrik. Jadi untuk mengantisipasi hal ini, saya memiliki modem mobile. Kebetulan yang saat ini saya gunakan adalah modem SMART. Hanya dengan RP 150.000/bulan. Cukup membantu apabila kita kehilangan akses speedy. Lagipula bisa digunakan juga untuk keperluan mobile akses internet apabila bertemu dalam offline meeting dengan client.

GUNAKAN ACCESS INTERNET DI MALL
Kelemahan modem mobile yang saya miliki adalah menggunakan tenaga baterai. Jadi tidak bisa bertahan seharian penuh juga. Langkah antisipasinya adalah dengan menggunakan akses internet di mall.


Sumber : yopdesign.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar