Kamis, 12 Juni 2014

Evaluasi Produk Multimedia

Pembahasan dalam  unit  ini mencakup :
  • ·         Definisi Sistem  Pengoperan
  • ·         Persiapan pengoperan
  • ·         Pengiriman  (Stream)  Media
  • ·         Media Pengiriman

Sasaran setelah membaca dan memahami Sistem pengoperan multimedia (streaming multimedia), Anda diharapkan dapat :
  • ·         Menjelaskan definisi   pengiriman multimedia.
  • ·         Menjelaskan karakterisitk sistem-sistem pengiriman multimedia.
  • ·         Menguraikan persiapan pengoperan konten multimedia
  • ·         Menjelaskan sistem dan teknologi streaming

1 Definisi Sistem Pengoperan

Paket multimedia yang sudah final, berikutnya akan dioperkan atau disampaikan dengan berbagai teknik dan media pengiriman. Semua proses untuk mengumpulkan, mengolah sehingga menjadi suatu bentuk informasi dalam paket multimedia lebih banyak telah diperankan dengan baik oleh teknologi dari informasi berkinerja elektronik ( komputer). Selanjutnya paket ini harus sampai pada penikmat (audien) dalam hal ini adalah peserta belajar. Disinilah diperlukan teknologi dari komunikasi. Maka peran dari teknologi komunikasi akan menjadi penting untuk mendelivery paket multimedia dari suatu tempat ke tempat yang lain. Tanpa teknologi komunikasi rasanya paket multimedia hanya bisa dijalankan pada media yang statis. Penggunaan yang saling melengkapi antara teknologi informasi dan teknologi komunikasi (Information Communication  Technology) telah menunjukkan sisnerginya dengan baik.


Pretesting/Evaluasi

Tentukan tujuan pengembangan Proyek
Dalam membuat proyek Sistem Multimedia, tentunya ada tujuan dibalik semua itu. Misalnya saja periklanan. Kita membuat iklah yang berbasis multimedia dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang produk kita. Dan juga menyampaikan kepada masyarakat luas, tentang keunggulan produk kita dibanding yang lainnya. Tujuan dan jenis Proyek yang dibuat, tidak boleh berlawanan. Misalnya Kampanye masyarakat Indonesia lebih sehat. Isi kampanyenya adalah Kampanye Anti Rokok. Jenis dan isi dari kampanye tersebut sama-sama bernilai positif. Tidak bisa yang satu nya bernilai positif, dan yang lainnya bernilai negatif.

Tentukan Kebutuhan Skill
Mau buat Web : Cari Web Designer, Web Programmer, dan butuh berapa orang.
Ketika kita ingin memulai Proyek Sistem Multimedia, kita butuh orang-orang ahli yang bisa mendukung kelancaran dalam proyek tersebut. Tidak bisa ketika kita ingin membuat web, kita mala meng-hire orang yang tidak pandai dalam bidang web.

Buat Konten Online
Sudah pasti kita harus membuat kerangka/outline dari proyek kita. Sehingga kita mempunyai gambaran yang jelas tentang proyek tersebut. Contohnya saja mirip seperti daftar isi.

Tentukan pasar
Apa target pasar yang kita tujukan? Apakah itu seorang remaja & dewasa? Apakah itu kelas menengah atas ? Atau kelas menengah kebawah?
Menentukan pasar yang tepat sudah pasti menjadi salah satu kesuksesan dalam pengembangan proyek.

Buat prototipe Tertulis
Contoh prototipe tertulis yang paling mudah dikenal adalah Proposal pengembangan proyek.
Di tahap pretesting, developer tetap akan melakukan pembuatan laporan, evaluasi dan revisi. Ditahap ini juga masih bisa dilakukan ball out.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar