Senin, 12 Mei 2014

Proses Pengembangan Multimedia

Memerlukan waktu yang lama untuk diproduksi.
Proses  Pengembangan dibagi empat  tahapan :
1. Perencanaan dan Pembiayaan
2. Disain dan Produksi
3. Pengujian(Testing)
4. Pengiriman(Delivering)
Perencanaan dan Pembiayaan
Perencanaan penuh pengharapan dari pemirsa.
Langkah untuk memulai suatu proyek:
    1. Definisi tujuan dan cakupan
    2. Sasaran pemirsa
    3. Pengaturan isi
    4. Perkiraan biaya
    5. Kebutuhan Hardware
    6. Kebutuhan Software
    7. Bentuk tim multimedia
Definisi Tujuan dan Cakupan
- Apa tujuan pembuatan proyek? Coba gambarkan secara objektif
- Definisikan ruang lingkup atau batasan proyek.
- Pertimbangkan berapa lama waktu untuk mengembangkan proyek.
- Pertimbangkan pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan.
- Pertimbangkan bagaimana untuk mengatur proyek.
Sasaran Pemirsa
- Pemakai aplikasi  atau penerima informasi.
- Kepada siapa proyek dibuat.
-           Lakukan beberapa penelitian latar belakang tentang :
* Sasaran pemirsa karena ini akan berpengaruh.
* Kompleksitas desain.
-           Pertimbangkan faktor2 berikut : umur, latar belakang pengetahuan atau pendidikan, latar belakang teknologi, bahasa, jenis kelamin, latar belakang ekonomi, dan profesi.

Pengaturan materi isi
-          Isi atau informasi akan menentukan ukuran suatu proyek.
-          Isi produksi tergantung pada ketersediaan sumber yang ada  atau kebutuhan untuk membuat materi baru.
-          Pertimbangkan sebelum  menentukan materi isi:
-          Perolehan hak untuk menggunakan sumber dari luar.
-          Digitalisasi  gambar, audio, dan video.
-          Produksi materi terdiri dari  text, grafik,  efek audio dan animasi.
-          Ketersediaan jumlah informasi harus berdasarkan pada harapan pemirsa.
-          Perkiraan biaya
-          Terdapat tiga elemen yang dapat bervariasi dalam estimasi proyek : waktu, uang dan tenaga kerja. Jika kita mengurangi salah satu elemen tsb, maka kita harus menambah satu atau dua yang lainnya.
-          Jika memiliki sedikit waktu mengerjakan proyek maka butuh biaya dan tenaga lebih banyak.  Jika memiliki jumlah tenaga yang tepat proyek akan memakan waktu yang singkat. Dengan meningkatkan pengeluaran biaya bisa mengurangi jumlah tenaga yang dibutuhkan dengan menyewa tenaga ahli ,dan mungkin menyingkat waktu nyang dibutuhkan.  
Kebutuhan Hardware
Sisi Pengembang. Hal ini juga untuk harapan pemakai akhirtipe platform hardware. Beberapa tipe komponen yang perlu dipertimbangkan :
-           Perangkat Memori dan Penyimpanan (RAM, ROM,CD,DVD)
-           Perangkat Input(keyboard,mouse, trackball,touch screen, tablet grafis,
   scanner, kamera digital)
-          Perangkat Output (amplifier&speaker,monitor, proyektor,printer)
- Perangkat Komunikasi (modem)     
KebutuhanSoftware
Software mahal menawarkan fitur2 terbaru dan powerful yang membu-tuhkan keahlian yang tinggi. Akan tetapi, ada software murah yang dapat membantu untuk menghemat waktu dan untuk mengatur suatu proyek. Beberapa tipe software :
-          Peranti Editing Teks dan Pengolah Kata(Microsoft Word, WordPerfect)
-          Peranti Painting dan Drawing(Photoshop,Fireworks,Painter,Coreldraw)
-          Peranti Animasi dan Pemodelan 3D(AutoDesk Discreet,Strata Vision 3D)
-          Peranti Editing Image(HotTEXT,EyeCandy)
- Peranti Editing Suara(Apple QuickTime Player Pro, Sonic Foundry Sound  Forge)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar