Minggu, 25 Mei 2014

Information design dan Tips Desain Navigasi


Desain informasi atau bahasa sundanya Information Design :) belakangan ini sering terdengar di dunia desain, memang Desain Informasi sangat mutlak diperlukan sebagai media komunikasi dalam menyampaikan sebuah informasi, definisi dari Information Design sendiri yaitu

Desain memainkan peranan penting dalam efektif komunikasi informasi. Sebagaimana telah kita lihat, desain dapat mengkomunikasikan informasi yang sangat spesifik dengan cara yang sangat spesifik, dan kemampuan ini dapat diklasifikasikan sebagai desain informasi. Informasi desain mencakup strategi desain yang ditujukan untuk penyebaran informasi yang tepat untuk akhir tertentu. Cukup jelas kan, lengkapnya lagi Banyak desain harus menyertakan informasi umum yang kurang presisi, yang dapat mengakibatkan berlebihan a.k.a Mubazir.
Informasi desain bertujuan untuk menyampaikan pesan spesifik dan rinci, misalnya bagaimana merakit sebuah Komputer, persyaratan dosis untuk obat-obatan; tanggal, waktu dan lokasi acara, cara menginstal software komputer, atau saldo untuk membayar kredit kartu. Desain pada kondisi ini berfungsi untuk menarik perhatian ke informasi inti sehingga menjadi jelas dan ringkas.
Seperti pada contoh Desain faktur akan menampilkan ukuran teks yang berbeda untuk membentuk suatu bagian yang jelas-jelas menyajikan total angka, atau mengatur teks terhadap warna latar belakang yang berbeda, yang membedakan antara pembayaran jatuh tempo dan pembayaran yang diterima. Penggunaan diagram sering dapat berkomunikasi lebih baik dari kata-kata, itulah sebabnya mengapa petunjuk perakitan biasanya termasuk gambar atau ilustrasi. Ini juga merupakan alasan mengapa banyak tagihan sekarang termasuk grafik konsumsi, yang memungkinkan konsumen untuk melihat bagaimana mereka menilai perubahan konsumsi dari bulan ke bulan.
Sedangkan arti dari design itu sendiri yaitu Desain bisa diartikan sebagai seni, arsitektur dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Kata Desain bisa digunakan sebagai klata benda maupun sebagai kata kerja. Sebagai kata benda, desain digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berupa sebuah rencana, proposal atau bentuk objek nyata. Dan sebagai kata kerja, desain memiliki arti sebagai proses untuk membuat dan menciptakan objek baru.


Dalam proses desain biasanya selalu memperhitungkan aspek fungsi, estetika atau keindahan dan berbagai aspek lainnya yang datanya didapatkan dari sebuah riset, brainstorming, pemikiran, maupun dari desain yang sebuah ada sebelumnya.


Tips Desain Navigasi
 

Css dapat memperindah tampilan keseluruhan bagian blog kita, tapi bagian Navigasi tanpa sentuhan css, kita juga bisa membuatnya indah, yaitu dgn mendesain secara manual.
Langkah Pertama untuk membuat navigasi lebih indah, yaitu sisipkan kode #Navigatian li{list-style:none} #Navigation ol{padding-left:0} pada css anda.
Itukan sama artinya tidak memberi list pada Navigasi? Iya, memang aku merasa list-style image pada navigasi akan lebih indah dimasukkan secara manual, dari Dasbhor, Navigation Menu.
coba lihat beberapa screnshoot disini,
dari ketiga gambar Navigasi yang anda lihat tadi, manakah yang lebih rapi?
Menurut saya, gambar 1 lah yang lbh rapi, dan dr pengamatan saya, gambar 1 itu, tidak menggunakan list style image. Dan untk mendesainya, biasanya di masukkan secara manual.

Mungkin karna alasan keindahan itulah, kebanyakan master2 css, tidak menggunakan list, pada navigasi.
 
Sumber : www.wapblogku.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar