Proses Pengembangan dibagi empat tahapan :
1. Perencanaan dan
Pembiayaan
2. Disain
dan Produksi
3. Pengujian(Testing)
4. Pengiriman(Delivering)
Perencanaan dan
Pembiayaan
Perencanaan penuh
pengharapan dari pemirsa.
Langkah untuk
memulai suatu proyek:
- Definisi tujuan dan cakupan
- Sasaran pemirsa
- Pengaturan isi
- Perkiraan biaya
- Kebutuhan Hardware
- Kebutuhan Software
- Bentuk tim multimedia
Definisi
Tujuan dan Cakupan
- Apa tujuan
pembuatan proyek? Coba gambarkan secara objektif
- Definisikan ruang lingkup atau batasan proyek.
- Pertimbangkan
berapa lama waktu untuk mengembangkan proyek.
- Pertimbangkan
pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan.
- Pertimbangkan
bagaimana untuk mengatur proyek.
Sasaran
Pemirsa
- Pemakai aplikasi atau penerima informasi.
- Kepada siapa
proyek dibuat.
-
Lakukan beberapa penelitian latar belakang
tentang :
* Sasaran pemirsa karena ini akan berpengaruh.
* Kompleksitas
desain.
-
Pertimbangkan faktor2 berikut : umur, latar
belakang pengetahuan atau pendidikan, latar belakang teknologi, bahasa, jenis
kelamin, latar belakang ekonomi, dan profesi.
Pengaturan
materi isi
-
Isi
atau informasi akan menentukan ukuran suatu proyek.
-
Isi produksi tergantung pada ketersediaan sumber yang ada atau kebutuhan untuk membuat materi baru.
-
Pertimbangkan
sebelum menentukan materi isi:
-
Perolehan
hak untuk
menggunakan sumber dari luar.
-
Digitalisasi gambar, audio, dan video.
-
Produksi materi terdiri dari text, grafik, efek audio dan animasi.
-
Ketersediaan
jumlah informasi harus berdasarkan pada harapan pemirsa.
-
Perkiraan
biaya
-
Terdapat
tiga elemen yang dapat bervariasi dalam estimasi proyek : waktu, uang dan
tenaga kerja. Jika kita mengurangi salah satu elemen tsb, maka kita harus
menambah satu atau dua yang lainnya.
-
Jika
memiliki sedikit waktu mengerjakan proyek maka butuh biaya dan tenaga lebih
banyak. Jika memiliki jumlah tenaga yang
tepat proyek akan memakan waktu yang singkat. Dengan meningkatkan pengeluaran
biaya bisa mengurangi jumlah tenaga yang dibutuhkan dengan menyewa tenaga ahli
,dan mungkin menyingkat waktu nyang dibutuhkan.
Kebutuhan Hardware
Sisi Pengembang. Hal ini juga untuk harapan pemakai akhir
–tipe platform hardware. Beberapa tipe komponen yang perlu dipertimbangkan :
-
Perangkat Memori dan Penyimpanan (RAM,
ROM,CD,DVD)
-
Perangkat Input(keyboard,mouse,
trackball,touch screen, tablet grafis,
scanner, kamera digital)
-
Perangkat
Output (amplifier&speaker,monitor, proyektor,printer)
- Perangkat
Komunikasi (modem)
KebutuhanSoftware
Software mahal menawarkan fitur2 terbaru dan powerful yang membu-tuhkan keahlian yang tinggi. Akan tetapi, ada software murah yang dapat
membantu untuk menghemat waktu dan untuk mengatur suatu
proyek. Beberapa tipe software :
-
Peranti
Editing Teks dan Pengolah Kata(Microsoft Word, WordPerfect)
-
Peranti
Painting dan Drawing(Photoshop,Fireworks,Painter,Coreldraw)
-
Peranti
Animasi dan Pemodelan 3D(AutoDesk Discreet,Strata Vision 3D)
-
Peranti
Editing Image(HotTEXT,EyeCandy)
- Peranti Editing
Suara(Apple QuickTime Player Pro, Sonic Foundry Sound Forge)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar