Selasa, 08 April 2014

Definisi Suara Secara Umum

Definisi Suara Secara Umum

Suara
Suara adalah gelombang energi (getaran) yang merambat melalui media kenyal sampai pada ke telinga dan menggetarkan gendang telinga sehingga terjadi proses pendengaran.
Tiga Unsur dari Suara
·         Nyaringnya suara
·         Tingginya suara
·         Nada suara
Sebagai ukuran fisik dari "kenyaringan", ada amplitude dan tingkat tekanan suara. Untuk "tingginya" suara adalah frekwensi. Tentang nada, ada sejumlah besar ukuran fisik, kecenderungan jaman sekarang adalah menggabungkan segala yang merupakan sifat dari suara, termasuk tingginya, nyaringnya dan distribusi spektral sebagai "nada".
Suara memiliki amplitudo dan juga frekuensi. 

·         Frekuensi suara yang menentukan keras/lemahnya suara dinyatakan dalamcycle per detik (C/dt)       atau Hertz (Hz). Dan suara yang dapat didengar oleh telinga manusia merentang antara 20 sampai 20.000 Hz. Kurang dari 20 C/dt suara itu akan lemah sekali dan akan dirasakan hanya sebagai getaran saja (infra-suara), mungkin bisa didengar oleh telinga binatang. Frekuensi di atasa 20.000 Hz (melebihi sound barrier) termasuk sebagai ultra-suara dan dipergunakan untuk bidang pengobatan. Hubungan antara kecepatan suara c (m/s), gelombang dan frekwensi f dinyatakan sebagai berikut: 

c = f . l

·       Amplitudo menentukan kuat dan lemahnya tekanan suara (sound pressure). Makin besar amplitudo dari gelombang suara, semakin kuat pula tekanan suaranya. Satuan ukuran bagi tekanan suara  ialah Bel (B), tetapi ukuran tersebut sebenarnya terlalu besar untuk dipergunakan pada kejadian yang bisa, karena itu satuan Desibel (dB) lebih lazim digunakan (1 desibel = 1 dB = 0,1 B). Satu dB merupakan besarnya tekanan suara di tingkat ambang pendengaran pada frekuensi 1000 Hz, yaitu tekanan minimal yang masih dapat didengar sebagai bisikan lembut (ambang pendengaran = hearing threshold).

Cepat rambat Suara pada medium tertentu.

Medium perambatan suara                         Cepat rambat suara (m/s)

Udara (0oC)                                                           331
Udara (100oC)                                                      386
Air (25oC)                                                             1490
Air laut (25oC)                                                      1530
Aluminium                                                              5100
Tembaga                                                               3560
Besi                                                                        5130
Timah                                                                    1320 

Di mana partikel-partikel suara itu padat ?
Tekanan udara bertambah, di mana partikel-partikel jarang, tekanan berkurang. Gejala yang disebarkan oleh perubahan tekanan ini disebut sebagai gelombang suara. Suatu gelombang suara memancar dengan kecepatan suara dengan gerakan seperti gelombang.
Panjang gelombang dari suara yang dapat didengar adalah beberapa sentimeter dan sekitar 20 m. Kebanyakan dari obyek di lingkungan sekitar kita, mutu suara yang dipengaruhi oleh kasarnya permukaan-permukaan yang memantulkan suara, tingginya pagar-pagar dan faktor-faktor lainnya, akan berbeda sebagai perbandingan dari panjang gelombang terhadap dimensi obyek, karena itu masalahnya menjadi lebih rumit. Sehingga cepat rambat suara akan semakin lambat.

Gb. 1 Garis bentuk Kenyaringan Suara   





   Gb. 2 Pengaruh Luar Terhadap Suara

Pemantulan Suara

Pemantulan Suara merupakan perulangan suara yang terdengar hampir bersamaan dengan suara dari sumber suara, akibat suara dari sumber suara ini terpantul berulang-ulang pada suatu ruangan. Maka terjadi gelombang suara yang dipantulkan oleh permukaan yang keras. Pemantulan semacam ini dinamakan Gaung.
Perulangan suara yang terdengar setelah suara ditimbulkan karena suara yang dipantulkan oleh suatu permukaan dinamakan Gema. Cepat atau lamanya kita mendengar gema bergantung pada seberapa jaur jarak kita dengan permukaan pemantul bunyi itu.

Akibat-akibat dari Kebisingan Suara 

Apabila suatu suara mengganggu orang yang sedang membaca atau mendengarkan musik, maka suara itu adalah kebisingan bagi orang itu meskipun orang-orang lain mungkin tidak terganggu oleh suara tersebut. Meskipun pengaruh suara banyak kaitannya dengan faktor-faktor psikologis dan emosional, ada kasus-kasus di mana akibat-akibat serius seperti kehilangan pendengaran terjadi karena tingginya tingkat kenyaringan suara pada tingkat tekanan suara berbobot A atau karena lamanya telinga terpasang terhadap kebisingan tsb.
Gejala-gejala Akibat Kebisingan Suara
·    Kehilangan pendengaran, perubahan ambang batas sementara akibat kebisingan, perubahan ambang batas permanen akibat kebisingan.
·         Rasa tidak nyaman atau stres meningkat, tekanan darah meningkat, sakit kepala, bunyi dering.
·         Kejengkelan, kebingungan.
·         Gangguan tidur atau istirahat, hilang konsentrasi waktu bekerja, membaca dsb.
·         Merintangi kemampuan mendengarkann TV, radio, percakapan, telpon dsb.
Karakteristik Suara Secara Umum :
·         Di alam udara, gelombang bunyi itu bergerak dengan kecepatan 760 mil per jam.
·         Kecepatan rambatan melalui air akan empat kali lebih cepat daripada melalui udara. Kecepatan suara di laut berkisar antara 1.400 – 1.550 m/det, kecepatan rata-ratanya  1.500 m/det.
·         Di dalam hampa, gelombang bunyi tidak dapat bergerak karena tidak ada media kenyalnya.
Aplikasi Kajian Perambatan Suara di laut
·         Komunikasi
·         Pemeruman (Penentuan Kedalaman Laut)
·         Deteksi dan Identifikasi Objek di dasar dan dalam laut
·         Operasi Kapal Selam

Sumber : irwankl3.blogspot.com

 



 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar