2D
Animation
2D Animation adalah pembuatan gambar bergerak dalam lingkungan 2D (2 Dimensi). Dilakukan dengan mengurutkan gambar yang berkesinambungan. Atau bisa juga di definisikan sebagai frame yang mensimulasikan gerakan antara 1 gambar dan gambar selanjutnya yang memperlihatkan proses berlangkah dan tahap selanjutnya.
2D Animation adalah pembuatan gambar bergerak dalam lingkungan 2D (2 Dimensi). Dilakukan dengan mengurutkan gambar yang berkesinambungan. Atau bisa juga di definisikan sebagai frame yang mensimulasikan gerakan antara 1 gambar dan gambar selanjutnya yang memperlihatkan proses berlangkah dan tahap selanjutnya.
grafik
komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah sebuah generasi gambar
digital berbasis komputer, yang kebanyakan mengambil objek-objek dua dimensi
(2D). Model Grafik 2D merupakan kombinasi dari model geometri (juga disebut
sebagai grafik vektor), gambar digital (raster graphics), fungsi matematika,
dan sebagainya. Komponen-komponen ini dapat dimodifikasi dan dimanipulasi oleh
transformasi geometri dua dimensi, seperti translasi, rotasi, dan dilatasi.
Cara yang paling mudah untuk membuat sebuah gambar
2D kompleks yaitu dimulai dengan sebuah “canvas” kosong yang diisi dengan warna
latar tertentu, yang kemudian kita “draw”, “paint”, atau “paste” suatu warna
kedalamnya, dengan urutan-urutan tertentu. Intinya, kanvas tersebut merupakan
“frame buffer” atau bayangan dari layar komputer.
Model-model yang digunakan pada disain grafis 2D
biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi, atau fenomena yang
bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan, bayangan, pantulan, refraksi, dan
sebagainya. Namun demikian, mereka dapat membuat model berlapis-lapis (layer);
nyata, translusen, dan transparan, yang dapat ditumpuk dalam urutan tertentu.
Urutan tersebut biasanya didefinisikan dengan angka (kedalaman lapisan, atau
jarak dari si penglihat).
Banyak antarmuka grafis atau yang kita kenal dengan
GUI (Grapical User Interface) yang berbasiskan model grafis 2D.
Software-software yang mendukung GUI dapat menciptakan “keadaan visual” dalam
berinteraksi dengan komputer, sehingga para pengguna tidak selalu harus melihat
tulisan. Grafik 2D juga penting bagi kendali peralatan-peralatan semacam
printer, plotter, shredder, dan sebagainya. Mereka juga digunakan pada beberapa
video dan games sederhana seperti solitaire, chess, atau mahjong.
Animasi
2D (2 Dimensi)
Animasi jenis ini juga biasa disebut dengan film
kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang
lucu. Contohnya misalnya: Looney Tunes, Tom and Jerry, Scooby Doo, Doraemon,
dan lainnya.
Game
2D
Game dua dimensi dapat diketahui berdasarkan
ruangnya yang hanya memiliki dua sisi ( X dan Y). Sedangkan untuk gambarnya
sendiri dapat menggunakan Vector maupun Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak
(berjalan,melompat,berlari,dll) kita harus membuat gambar satu persatu yang
disebut dengan(frame).
Kerealisasian gerakan ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta hitungan gambar per detik (frame per second ( semakin tinggi hitungan gambar per detik maka semakin mulus gerakan yang akan dihasilkan)).
Kerealisasian gerakan ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta hitungan gambar per detik (frame per second ( semakin tinggi hitungan gambar per detik maka semakin mulus gerakan yang akan dihasilkan)).
Game dua dimensi ini memiliki 2 konsep, yaitu:
- Static View, dimana semua objek berada pada satu bidang dan gerakan karakter utama hanya terbatas pada bidang itu saja.
- Side Scrolling View, dimana objek-objek dan gambar latar akan terus bergerak ke kanan dan ke kiri sesuai dengan kecepatan gerakan karakter yang dimainkan.
Contoh game berbasis 2 dimensi diantaranya adalah Pac-man, Space Invader, Mario Bros, dan game-game sederhana lainnya.
- Static View, dimana semua objek berada pada satu bidang dan gerakan karakter utama hanya terbatas pada bidang itu saja.
- Side Scrolling View, dimana objek-objek dan gambar latar akan terus bergerak ke kanan dan ke kiri sesuai dengan kecepatan gerakan karakter yang dimainkan.
Contoh game berbasis 2 dimensi diantaranya adalah Pac-man, Space Invader, Mario Bros, dan game-game sederhana lainnya.
2d
graphic:
Gambar 2d juga berperan dalam membuat game bertipe
3D fungsi gambar 2d antara lain:
- sebagai texture untuk object
- sebagai latar belakang ( langit , pemandangan,dll)
- sebagai meteran untuk nyawa , gambar untuk speedometer (untuk game racing), dll.
- sebagai latar belakang ( langit , pemandangan,dll)
- sebagai meteran untuk nyawa , gambar untuk speedometer (untuk game racing), dll.
Sedangkan untuk membuat animasi dalam 3D dapat
digunakan bones(tulang) yang layaknya manusia dapat digerakkan. Selain itu
animasi tetap juga dapat menggunakan bitmap (gambar 2d) untuk animasi pada
texture air, api,dll.
Sumber : cheesechicz.wordpress.com
Animasi 2D
Animasi 2D adalah penciptaan gambar bergerak
dalam lingkungan dua dimensi. Hal ini dilakukan dengan urutan gambar
berturut-turut, atau "frame", yang mensimulasikan gerak oleh setiap
gambar menunjukkan berikutnya dalam perkembangan bertahap langkah-langkah.
2 tipe dari 2D animation :
· Cel
animasi
· Path
animasi
Animasi Cel berasal dari kata “celluloid”,
yaitu bahan dasar dalam pembuatan animasi jenis ini ketika tahun-tahun awal
adanya animasi. Animasi cel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi
tunggal, masing-masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek
animasi. misalnya ada tiga buah animasi cel, cel pertama berisi satu animasi
karakter, cel kedua berisi animasi karakter lain, dan cel terakhir berisi latar
animasi. Ketiga animasi cel ini akan disusun berjajar, sehingga ketika
dijalankan animasinya secara bersamaan, terlihat seperti satu kesatuan. Contoh
animasi jenis ini adalah film kartun seperti Tom and Jerry, Mickey Mouse dan
Detectif Conan.
Animasi Path adalah animasi dari objek yang
gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis
ini adalah animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya
dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang
hingga mencapai kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini
didapatkan dengan teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri
yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek.
Sumber : intstring.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar