IMAGE
Sistem Multimedia
Pengertian
Image
Image adalah representasi grafis dan visual dari
beberapa informasi yang dapat ditampilkan pada layar komputer atau dicetak.
Bentuk – bentuk image
Image terbagi dalam beberapa bentuk , seperti :
- Fotografi
- Gambar
- Lukisan
- Televisi
- Gambar
gerak
- Peta, dan
lain - lain.
Perananan Image
Image berperan penting dalam dunia multimedia,
diantaranya :
- Navigasi
- Komponen
antarmuka pengguna
- Bantuan Sistem
- Clip art
Raster/Bitmap
Image
a. Raster Image
Raster Image adalah gambar yang terbentuk dari titik
– titik warna yang memiliki kedalaman warna dan kerapatan tertentu antara satu
titik dengan titik lainnya. Titik – titik warna tersebut biasa disebut dengan
Pixel. Pixel adalah elemen terkecil dari resolusi di layar komputer
(Screen Resolution).
Macam – macam raster image :
1. Microsoft
bitmap (.bmp)
Digunakan di
Microsoft windows
2. TIFF – Tagged
Image File Format (.tif)
Digunakan untuk
faxing images (lebih banyak digunakan untuk yang lain)
3. JPEG – Joint
Photographic Expert Group (.jpg)
Berguna untuk
menyimpan gambar foto
4. GIF – Graphics
Interchange Format (.gif)
Banyak digunakan pada
situs web
5. PNG – Portable
Network Graphics (.png)
Format baru untuk web
grafis
6. PCD – Kodak
Photo CD
Format baru untuk
menyimpan gambar dalam dikompresi dari pada CD
Kelebihan dan kekurangan raster image :
Kelebihan:
- Menyampaikan
detail informasi dengan cepat
- Kehidupan
nyata
Kekurangan
- Tergantung
pada resolusi
- Berpengaruh
terhadap kualitas sebuah gambar
- Ukuran
file tersebut menjadi besar
Software yang mendukung raster
image
1. Adobe
Photoshop
2. Adobe
Fireworks
3. Corel Paint
shop pro
4. microsoft
paint
5. microsoft
photodraw
6. Open canvas
b. Bitmap Image
Gambar bitmap adalah rekonstruksi dari gambar asli
dan disimpan sebagai rangkaian pixel (titik - titik) yang memenuhi bidang
monitor. Resolusi dan kualitasnya bergantung pada gambar asli.
Vektor/Metafile Image
Gambar jenis vektor tidak disimpan sebagai gambar
berbasis pixel, tetapi sebagai rangkaian instruksi algortima kurva, garis (arah
dan ukurannya) serta warna dan berbagai bangun lainnya.Vektor gambar menyimpan
set grafik primitif yang diperlukan untuk mewakili gambar.
Sebuah primitif grafis adalah grafis sederhana
berdasarkan gambar elemen atau objek seperti bentuk persegi, garis, elips,
busur, dll. Gambar terdiri dari satu set perintah (persamaan matematika) yang
ditarik objek bila diperlukan.
Bentuk Primitive geometric drawing :
1. Basic : Line,
Polyline, arc, Bezier curve
2. Text : font,
weight
3. Shapes :
Circle, ellipse, rectangle, square, pie segment, triangle, pentagon dll
Macam-macam format vektor image:
1. Windows
Metafile (.wmf)
2. SVG – Scalable
Vector Graphics (.svg)
3. CGM – Computer
Graphics Metafile (.cgm)
4. Adobe
Postscript (.ps)
5. Adobe Portable
Document Format (.pdf)
6. Drawing
Exchange Format (.dfx)
7. Encapsulated
Postscript (.enf)
Kelebihan dan kekurangan vektor image
Kelebihan
- Tidak
memerlukan banyak memori untuk menyimpan
- Lebih
mudah untuk memanipulasi
Kekurangan
- Tingkat
keterbatasan detail terlihat pada gambar
Software yang mendukung vektor image
1. Adobe Flash
2. Adobe
Illustrator
3. Adobe Freehand
4. Microsoft
Silverlight
Perbedaan Tipe Compression Image
a. Lossless
compression
Adalah salah satu dari tipe compression image dengan
cara memodifikasi data yang terorganisir atau diwakili untuk mengurangi ukuran
penyimpanan.
b. Lossy
compression
Cobalah untuk memaksimalkan kompresi tanpa
kehilangan jelas bagi pengguna manusia.Hapus detail selama
kompresi. Kompresi diulang menyebabkan kerugian dalam kualitas.
c. Warna
Warna adalah komponen penting multimedia. Manajemen
warna baik subjektif dan teknisdilihat dari beberapa tahap. Memilih warna yang
tepat dan kombinasi warna untuk proyek dapat melibatkan percobaan sampai Anda
merasa hasil yang tepat.
d. Memahami alam
dan warna cahaya
Cahaya berasal dari sebuah atom ketika sebuah
elektron berpindah dari yang lebih tinggi ke tingkat energi yang lebih rendah,
sehingga setiap atom menghasilkan warna unik yangspesifik.
e. Graphics
Graphics adalah salah satu perangkat yang digunakan
untuk membuat gambar dan mendesain aplikasi multimedia.
f. Model
3 – Dimensional Graphics
Sebuah variasi dalam format vector yang berguna
sebagai spesifikasi dalam koordinat x, y,dan z. Model 3D graphics ini dapat
ditemukan dalam bentuk kubus, balok, pyramid, dll.
g. Image Hardware
o Hardware untuk
menangkap/memindahkan image
§ Scanner
Adalah alat atau perangkat keras yang digunakan
untuk memindahkan image atau gambar dari hardware lain sehingga dapat dilihat
atau disimpan dalam komputer. Kegunaan scanner adalah untuk cek resolusi
optimal dari gambar.
Bentuk scanner :
– Drums
– Flat-bed
– Negative/slide
– Hand
held
§ Kamera digital
Menggunakan memori digital yang tersimpan di dalam
kamera yang dicetak dalam film dan gambar yang ditangkap ditransfer ke dalam
komputer melalui kabel. Salah satu jenis tipe kamera adalah Camcoder atau PC
webcam yang merupakan produk rumahan dengan resolusi rendah.
o Hardware untuk menggambar /
mengedit image
§ Graphics / digitizer tablet pen
Ditujukan untuk menggambar oleh para digital artis
dengan sensitivitas yang tinggi (touch screen) dan dapat menggunakan mouse
untuk membantu menggambar dengan hasil yang bagus.
Bekerja dengan grafis harus mempertimbangkan pedoman
– pedoman sebagai berikut :
– Pilihlah grafis
yang sesuai dengan pekerjaan Anda
– Pilihlah
software yang sesuai
– Gunakan
kedalaman warna minimum
h. Jenis dan
kegunaan grafis secara efektif
Garis adalah representasi gambar grafis dari
benda-benda fisik.
Ada 3 macam gambar garis:
– Isometric
: merupakan objek 3-D tanpa perspektif realistis
– Ortografik
: adalah representasi 2-D dari obyek
– Perspektif
: merupakan objek dalam bentuk yang paling realistis
Grafik
dan Tabel
Hanya dalam sekejap, grafik dapat menyediakan data
spesifik, menunjukkan kecenderungan umum data atau menggambarkan hubungan
antara data yang ada dan data yang baru.
Diagram
Membantu pengguna konsep proses, aliran atau
keterkaitan. Contoh diagram meliputi: diagram flow, skematis gambar dan
diagram blok.
i. Kelebihan
dan kekurangan menggunakan Image
Kelebihan
– Menyampaikan
banyak informasi secara cepat
– Dapat
menambahkan simulasi visual dan warna
– Dapat
berkomunikasi lintas batas bahasa
– Meningkatkan
media lainnya
Kekurangan
– Tidak
memberikan penjelasan secara mendalam
– Grafik
jarang digunakan untuk menyampaikan seluruh pesan dalam pengaturan bisnis,
teknis atau keselamatan
– Dapat
disalahartikan
– Grafik
harus digunakan dengan hati-hati untuk memastikan agar pesan tidak ambigu atau
cryptic
Sumber : s-multimedia-a.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar